Minggu, 13 April 2014

GUNUNG RUANG

Gunung Ruang yang juga memiliki nama lain yaitu Ruwang, Aditinggi, Duang atau Duwang, terletak di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 725 m dpl dengan koordinat 02o 18’ LU dan 125o 22’ BT. Gunung Ruang merupakan gunungapi tipe strato lengkap dengan kubah lava (lava dome) dan dipantau melalui pos pengamatan yang terletak pada koordinat 02o 19’ 18,30” LU dan 125o 24’ 30,42” BT yang dapat dicapai melalui Kota Tagulandang, dan secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kota Sitaro, Sulawesi Utara.
 Apabila Gunung Ruang meletus, belum ditemukan data potensi penduduk terpapar di keseluruhan wilayah KRB yang telah ditentukan, baik untuk aliran awan panas, lava dan atau lahar, maupun ancaman batu pijar dan abu vulkanik.

1 komentar:

  1. Koreksi.
    Tidak ada kota Tagulandang. Yang ada pulau Tagulandang atau kecamatan Tagulandang. Juga tidak ada Kota Sitaro, yang ada kabupaten kepulauan Sitaro. Bijaklah memberi informasi agar tidak ada orang yang disesatkan dengan kesalahan data dan informasi geografis.

    BalasHapus