Minggu, 13 April 2014

GUNUNG KARANGETANG

Gunung Karangetang atau Gunungapi Siau mempunyai 5 (lima) kawah, yaitu Kawah I, Kawah II, Kawah III, Kawah IV dan Kawah V. Gunung ini merupakan salah satu contoh pulau gunungapi (volcanic island) dengan ketinggian sekitar 1.784 m dpl dengan koordinat 02o 47’ LU dan 125o 24’ BT yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung Karangetang merupakan gunungapi tipe strato lengkap dengan kubah lava (lava dome) dan dipantau melalui pos pengamatan yang terletak pada Bukit Maralawa, Desa Salili, Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara dengan koordinat 02o 44’ 46,56” LU dan 125o 23’ 01,26” BT. Pos ini dapat dicapai menggunakan angkutan laut melalui Kota Manado.

Belum ditemukan data potensi penduduk terpapar apabila Gunungapi Karangetang meletus, baik dari aliran awan panas, lava dan atau lahar maupun akibat batu pijar dan abu vulkanik.
Bangunan yang berpotensi untuk terpapar akibat aliran awan panas, lava dan atau lahar apabila Gunung Karangetang meletus adalah rumah 1.124 unit, 12 unit fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan 3 unit pada wilayah KRB 3. Pada wilayah KRB 2, ditemukan potensi bangunan rumah sekitar 1.845 unit, 17 unit fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan 4 unit. Tidak ditemukan potensi bangunan terpapar akibat ancaman aliran awan panas, lava dan atau lahar di wilayah KRB 1.
Belum ditemukan data potensi bangunan terpapar terkait ancaman batu pijar dan abu vulkanik apabila Gunung Karangetang meletus.

0 komentar:

Posting Komentar